FUNDAMENTAL EKONOMI, CONTAGION EFFECT DAN KRISIS ASIA

  • Endy Dwi Tjahjono

Abstract

Tujuan dari paper ini meneliti faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya krisis Asia saat ini. Ada 2 faktor yang dibahas dalam paper ini, yaitu faktor fundamental ekonomi dan efek penularan (contagion effect). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang jelas antara fundamental ekonomi negara yang terkena krisis dengan negara yang tidak terkena krisis. Perbedaan tersebut terutama terletak pada perilaku defisit transaksi berjalan, pinjaman luar negeri, financial account, cadangan devisa, perbankan, dan kegiatan ekspor-impor.

Untuk memperkuat analisa kondisi fundamental ekonomi negara-negara tersebut, dalam paper ini dicoba pendekatan ‘early warning system currency crisis’ yang dikembangkan oleh Kaminsky dan Reinhart. Hasilnya menunjukkan bahwa menjelang terjadinya krisis mata uang terjadi gejala overheating di kawasan Asia. Namun, pendekatan tersebut gagal mengidentifikasi terjadinya krisis di Indonesia, serta terjadi banyak ‘bad-signal’ pada beberapa negara yang tidak terkena krisis, seperti Singapore dan Hongkong.

Selanjutnya diteliti juga peranan dari contagion effect dalam menimbulkan krisis. Hasil pengujian membuktikan bahwa terjadinya suatu serangan mata uang di suatu negara secara signifikan mempengaruhi pelaku pasar untuk melakukan serangan pada mata uang negara lain. Dengan kata lain, contagion effect memegang peranan sebagai pemicu terjadinya krisis yang dialami negara-negara Asia saat ini.

Hasil penelitian ini menggaris bawahi perlunya dilakukan kerja sama yang lebih erat antar negaranegara Asia dalam melakukan regional surveillance. Tujuan dari regional surveillance ini adalah untuk mendeteksi secara dini kemungkinan terjadi krisis di suatu negara dan mencegah terjadinya contagion effect.

References

Goldfajn, Ilan; valdes, Rodrigo, Capital Flows and the Twin Crises : The Role of Liquidity, IMF Working Paper No. WP/97/87, July 1997.


Eichengreen,B.,Rose,A., and C. Wyplosz, Speculative Attacks on Pegged exchange Rates: An Empirical Investigation, NBER Working Paper No. 4898, 1994.


Kaminsky, G.L., and C.M. Reinhart, The Twin Crises : The Causes of Banking and Balance of Payments Problems, International Finance Discussion paper, 1996


Kaminsky, Graciela, Saul Lizondo and Carmen M. Reinhart, Leading Indicators of Currency Crises, IMF Working Paper No. WP/97/79, 1997.


Goldfajn, Ilan, Valdes, Rodrigo O., Are Currency Crises Predictable ?, IMF Working Paper No. WP/97/159, IMF.


MAS, Current Account Deficits in the ASEAN-3. Is there cause for concern ?, Occasional Paper No. 1, January 1997.


The Banker, Asian Meltdown.


Sumber Data

IMF, International Financial Statistics, Yearbook dan Monthly.

Morgan, J.P., Emerging Markets : Economic Indicators, berbagai edisi.

Bank Indonesia, Laporan Tahunan dan Triwulanan, berbagai edisi.

Bloomberg.

HKMA, Annual report 1996.
Published
2003-10-11
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)